Recent Posts

Papan dan Meja untuk Sablon Kaos

0


Sampailah kita pada bahasan soal papan kaos dan meja kerja, materi ini sudah pernah saya bahas sebelumnya tetapi akan kembali saya refresh disini untuk membantu teman-teman yang masih baru agar bisa berurutan dalam mengikuti materi yang ada disini. Jika anda membeli paket alat sablon kaos manual model frame presisi maka ketika alat itu anda bawa pulang belum bisa langsung digunakan, anda masih harus menyiapkan triplek papan kaos dan meja untuk kerja. Triplek papan kaos sesuai dengan namanya gunanya adalah untuk menempelkan kaos sehingga bisa pada posisi tetap saat dipakai untuk bekerja. Papan kaos ini ada 2 macam 1 untuk kaos bahan dan 1 lagi untuk kaos jadi. Silahkan lihat gambar dibawah ini.

Untuk ukuran standart, 1 buah triplek bisa jadi 5 buah papan kaos bahan dengan ukuran 60 X 90 cm dan 7 buah papan kaos jadi dengan ukuran 40 X 90 cm. Anda juga perlu melakukan seting dan penempelan noken cewek pada papan kaos ini. Caranya sangat mudah, anda bisa melihat video yang telah saya upload di youtube tentang cara menempelkan noken.
Kemudian tentang meja kerja, disini saya menggunakan istilah meja kerja dan bukan meja sablon, karena meja ini juga harus anda beli sendiri diluar alat yang anda beli dari saya atau stockist di daerah. Meja kerja ini berupa meja biasa dengan persyaratan khusus penampangnya harus rata dan mempunyai luasan minimal 120 X 60 cm dimana fungsi utamanya ialah untuk meletakkan papan kaos dan selanjutnya digunakan untuk menyablon. Meja kerja ini tidak harus menggunakan bahan yang bagus dan mahal, yang penting kokoh dan berpenampang rata saja. Nah, sekarang anda sudah tahu tentang rakel, screen, alat sablon, perlengkapan sablon tambahan, meja afdruk, meja kerja dan papan kaos. Selanjutnya saya akan mulai masuk ke bahan-bahan yang harus anda siapkan diawal-awal anda memulai usaha.